Minggu, 04 Juni 2017

Inter-relasi
A.TOLERANSI
B.pariwisata 
C. income negara
D pesona Indonesia
Pokok pikiran paragraph  
1.Toleransi dan budaya
2. fungsi  toleransi
3  toleransi dan perkembangan budaya di Indonesia
4 pengaruh toleransi pada kepariwisataan di Indonesia
5 toleransi di gunakan sebagai daya tarik wisatawan mancanegara
6 toleransi dan pesona indonesia
7 toleransi berkontribusi pada income negara

toleransi berkontribusi pada income negara
Indonesia , Negara  yang  menganut asas  pluralisme menjadikannya sebagai negara yang besar.Kekayaan yang di milki juga melimpah , membuat kita semakin cinta dengan tanah air . faktor utama penyebab kemerdaaan indonesia tidak lepas dari rasa toleransi yang timbul sejak  dahulu . mulai perbedaan suku,agama,bahasa, hingga budaya turut andil dalam mengusung proklmasi indonesia . kebudayaann yang beraneka ragam adalah kekuatan tersendiri  bagi republik  ini  .  selain  pendukung sumber daya manusia (SDM), keberadaan budaya juga di maksimalkan dalam Pengelolaan  sumber daya alam ( SDA )yang  melimpah.

Hasyim ( 1979) tolerare yang berarti sifat menahan diri ,bersikap sabar , membiarkan  orang lain berpendapat dan rasa tenggang rasa dengan orang lain yang berbeda agama. Apa jadinya jika negara ini dari  dahulu tidak  mempunyai sikap toleransi, yang ada mungkin sekarang kita masih belum merasakan apa artinya merdeka . bagaimana tidak, di era lampau nenek moyang bersatu tanpa peduli siapa kawan, suku,agama untuk merebut kembali tanah air dari kekuasaan penjajah . inilah fungsi penting dari toleransi dan mengapa sikap ini harus ada dan terus di wariskan.


Namun seiring berjalanya waktu, sikap saling  toleran mulai pudar. Entah untuk kepentingan kaum tertentu atau bukan . yang jelas Indonesia sedang di landa konflik yang mengatasnamakan golongan. bahkan masalah ini merambah pada anak anak yang nottabenya rawan. Seakan menjadi virus penebar kebencian mengadopsi perkataan orang dewasa yang tidak sepantasnya di ucapkan.mengubah budaya toleran menjadi intoleran  menggerus jiwa nasionalisme . maka tugas kita sekarang mengembalikan sikap toleransi yang pernah membuat negara ini  kuat.

 Apabila kita amati,Sikap toleransi  penduduk  memberikan dampak positif bagi perkembangan potensi wisata di Indonesia.   Khusunya menarik daya minat wisatawan manca negara. Di mata wisatawan dunia  Indonesia terkenal dengan keramahan warganya .mereka berasumsi  bahwa Indonesia adalah negara toleran yang cinta damai di mana beragam budaya mampu hidup bersama  tanpa seteru. Pemerintah menargetkan di tahun 2019 devisa negara dari 10 millyar dolar as menjadi 20 millyar dolar as. Jumlah wisatawan mancanegara di targetkan dari 9 juta menjadi 20 juta orang.

Manado merupakan kota dengan tolransi tinggi antar umat beragama . tepatnya di kabupaten minahasa Sulawesi utara kota dengan bangunan bebrapa symbol agama ada disini. Memang benar yang di katan orang manado “ torang samua basudara” yang artinya kita orang semua bersudara. Inilah yang di angkat oleh pesona Indonesia tentang manado , selain kaya akan destinasi wisata di kenal juga keharmonisan warganya.

Semua hal tersebut merujuk pada toleransi turut  memberikan kontribusi besar bagi pendapatan domestic bruto melalui destinasi wisatanya . kontribusi kesempatan kerja naik dari 11 juta di tahun 2014 menjadi 13 juta di tahun 2019. Kenaikan indeks saing wisata juga terjadi dari peringkat 70 di tahun 2014 menjadi 30 di tahun 2019. Naiknya jumlah wisatwan juga ikut meningkat dari 250 menjadi 275 juta . kenaikan tersebut dapat di perkirakan terus meningkat seiring berkembangnya pengelolaan wisata dan dukungan dari pihak terkait.

Kesimpulan : dengan kuatnya rasa toleransi di masyarakat dapat berimbas  pada kebaikan segala bidang, termasuk dari sector pariwisata. Menjadikanya sebagai penyumbang devisa terbesar. Semakin besar keharmonisan antar umat semakin tinggi  peluang Indonesia  menjadi negara maju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar